loader

Kenapa Software Berlisensi Asli ?

Share Buttons

January 26, 2017

Saat ini software bukanlah suatu kosakata yang asing didengar oleh kita. Bayangkan saja, pada tahun 2016 jumlah pengguna komputer dan gadget di dunia sudah berada diatas angka 1 Miliyar pengguna. Pada setiap komputer atau gadget tentunya terinstal sebuah software berupa Sistem Operasi atau aplikasi yang terinstal didalam komputer atau gadget tersebut. Sehingga setiap pemilik laptop atau gadget tentu sudah mengetahui tentang software, paling tidak pernah berinteraksi dengan software.

Dengan seiring berkembangnya teknologi informasi, perkembangan teknologi perangkat lunak (software) juga semakin canggih dan bervariasi, seiring dengan kebutuhan manusia terhadap informasi dan service di era digital yang semakin kompleks. Software berupa aplikasi, sistem operasi dan jenis lainnya menjadi konsumsi utama bagi par pemiliki komputer, gadget dan barang elektronik lainnya yang terintegrasi dengan perangkat lunak / software.

Dari sekian banyak software yang bertebaran dimana mana. Terdapat software yang bersifat gratis atau freeware dimana user dapat memilikinya secara cuma cuman atau software berjenis trial dimana user hanya dapat menikmati software tersebut dalam kurun waktu yang terbatas. Biasanya Software berjenis trial ini sebagai sarana uji coba bagi user sebelum user yakin untuk membelinya atau software jenis ini kita sebut saja dengan software berbayar / software purchase. Software Purchase ini pada umumnya memiliki fitur yang lengkap dan selalu update dibandingkan dengan software yang gratis (freeware).

Software – software populer saat ini seperti Microsoft Windows, Micrsoft Office, Visual Studia, Internet Download Manager dan berbagai software lainnya menjadi software dengan pengguna yang cukup banyak di dunia dan menjadi makanan sehari hari untuk mendukung aktivitas seperti bekerja, belajar, berbisnis atau menjadi senjata utama bagi para developer developer aplikasi. JIka dilihat dari kategorinya software software populer saat ini mayoritas merupkan software berlisennsi. Dari sekian banyak software berlisensi tidak banyak orang yang menggunakan software berlisensi tidak asli / bajakan. Di Indonesia pun telah meraih peringkat 11 dunia sebagai negara dengan pembajak software.

Kenapa Software Berlisensi Asli ?

Ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan saat menggunakan software berlisensi asli. Dari segi manfaat :

  1. Mendapatkan legalitas software yang sah
  2. Jika terdapat update aplikasi, kita akan mendapatkannya secara gratis
  3. Performa software lebih baik
  4. Jika pihak perusahaan penjual software menyediakan sarana Customer Support, bagi kita yang menggunakan software berlisensi asli dapat berkonsultasi langsung dengan Customer Support jika ada kendala.
  5. Penggunaan aplikasi lebih nyaman dan tenang. Karena tidak sedikit para pengguna aplikasi bajakan yang mematika sistem update pada sistem operasi untuk menghindari update sistem yang memungkinkan terdeteksinya ada aplikasi bajakan. Hal ini memang tidak terjadi di semua aplikasi bajakan yang ada.

Jika kita memiliki sudut pandang dari segi manfaat seperti poin poin yang dijelaskan diatas. Disamping itu dari segi appreciation terhadap para developer aplikasi yang telah mengembangkan aplikasi, kita perlu menghargai mereka dengan tidak membajak aplikasi yang telah dibuat. Mungkin jika kita memposisikan sebagai orang yang memiliki produk, tentunya kita tidak ingin produk kita dibajak oleh orang lain. Begitu juga dengan para developer aplikasi. Kita perlu menghargai mereka dengan membeli lisensi asli aplikasi tanpa membajaknya. Jadi, tunggu apalagi, selama kita mampu membeli bukan sebuah kendala bagi kita untuk membeli lisensi sli dari sebuah aplikasi yang dibutuhkan.

Setelah teman teman mencoba menggunakan aplikasi berlisensi asli. Silahkan rasakan perbedaannya dengan aplikasi berlisensi tidak asli. Apalagi saat ini sangat banyak sekali kemudahan yang mempermudah kita untuk dapat menggunakan aplikasi berlisensi asli. Contohnya saja Microsoft, perusahaan ini bekerjasama dengan berbagai universitas dan lembaga pendidikan untuk memberikan kemuduhan bagi pelajar untuk dapat menggunakan aplikasi berlisensi asli dan GRATIS. Di indonesia Microsoft sudah banyak bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta seperti Telkom University sebagai salah satu kampus IT dimana para mahasiswanya dianjurkan untuk menggunakan produk microsoft berlisensi asli dan begitu juga di perguruan tinggi lainnya. Sudah berlisensi Asli ? Kenapa Tidak ?.

Leave a Reply